header-ads

header ads

Waspada Cacar Monyet!

For Educational Purposes Only Not a Substitute for Medical Advice!

Fakta Terkait Cacar Monyet

  • Monkeypox adalah penyakit langka yang terjadi terutama di negara-negara hutan hujan di Afrika Tengah dan Barat.
  • Monkeypox mirip dengan cacar, dan virus monkeypox menyebabkan monkeypox.
  • Peneliti kesehatan telah mengidentifikasi infeksi virus pada monyet laboratorium, tupai pohon Afrika, tikus, tikus, dan kelinci.
  • Monkeypox dapat menyebar ke manusia. Gejala awal termasuk demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, perasaan tidak nyaman secara umum, dan kelelahan.
  • Gejala kemudian muncul satu sampai tiga hari atau lebih setelah munculnya demam dan termasuk ruam dengan benjolan yang naik, sering kali pertama kali berkembang di wajah.
  • Monkeypox dapat menyebar ke manusia dari hewan yang terinfeksi melalui gigitan hewan atau kontak langsung dengan lesi hewan atau cairan tubuh.
  • Penyakit ini dapat menyebar dari orang ke orang, meskipun tidak menular seperti cacar.
  • Monkeypox bisa berakibat fatal hingga 10% dari kasus.
  • Saat ini tidak ada pengobatan untuk monkeypox.

Apa itu Cacar Monyet?
Monkeypox adalah penyakit seperti cacar langka yang terjadi terutama di negara-negara hutan hujan Afrika tengah dan barat. Penyakit ini ditemukan di monyet laboratorium pada tahun 1958. Studi terhadap hewan di Afrika kemudian menemukan bukti infeksi ortopoxvirus di sejumlah hewan pengerat Afrika. Virus ini telah diisolasi dari tupai pohon Afrika, yang mungkin merupakan inang alami. Studi laboratorium menunjukkan bahwa monkeypox juga dapat menginfeksi tikus, tikus, dan kelinci. Pada tahun 1970, monkeypox dilaporkan pada manusia untuk pertama kalinya. Pada Juni 2003, monkeypox dilaporkan pada anjing padang rumput dan manusia di Amerika Serikat.

Apa Penyebab Dari Cacar Monyet?
Monkeypox disebabkan oleh virus Monkeypox, yang termasuk dalam kelompok virus ortopoxvirus. Anggota lain dari kelompok virus ini yang menyebabkan infeksi pada manusia termasuk variola (cacar), vaccinia (digunakan untuk vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Apa Saja yang Ditimbulkan?

  • Pada manusia, monkeypox mirip dengan cacar, kecuali bahwa pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati) dikaitkan dengan monkeypox. 
  • Sekitar 12 hari setelah paparan, penyakit dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggung, pembengkakan kelenjar getah bening, perasaan tidak nyaman, dan kelelahan. 
  • Dalam 1 sampai 3 hari (kadang-kadang lebih lama) setelah munculnya demam, pasien mengalami ruam papular (Benjolan), sering kali pertama di wajah tetapi kadang-kadang pada awalnya di bagian tubuh lain. 
  • Lesi biasanya berkembang melalui beberapa tahap sebelum mengeras dan jatuh.
"Penyakit ini biasanya berlangsung selama 2 hingga 4 minggu."
Apakah Cacar Monyet Mematikan?
Monkeypox dapat menyebar ke manusia dari hewan yang terinfeksi melalui gigitan hewan atau kontak langsung dengan lesi hewan atau cairan tubuh. Penyakit ini juga dapat menyebar dari orang ke orang, meskipun jauh lebih tidak menular daripada cacar. Dalam penularan manusia, virus dianggap ditularkan oleh tetesan pernapasan selama kontak langsung dan lama. Selain itu, dimungkinkan monkeypox dapat disebarkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi atau dengan benda yang terkontaminasi virus, seperti tempat tidur atau pakaian.

Apakah Ada Pengobatan Untuk Cacar Monyet?
Saat ini, tidak ada pengobatan untuk monkeypox. Vaksin cacar telah dilaporkan mengurangi risiko monkeypox di antara orang yang sebelumnya divaksinasi di Afrika. CDC menilai peran potensial penggunaan vaksin cacar pasca pajanan serta penggunaan terapi cidofovir obat antivirus.

Bagaimana Orang-Orang Dapat Terinfeksi?
Berdasarkan investigasi awal, tampak bahwa sebagian besar pasien menjadi sakit setelah kontak dekat dengan anjing padang rumput yang terinfeksi yang telah dibeli sebagai hewan peliharaan. Beberapa pasien mungkin telah terinfeksi melalui kontak dengan hewan lain yang terinfeksi, termasuk tikus raksasa Gambia (dibeli sebagai hewan peliharaan eksotis) dan kelinci. Selain itu, kemungkinan penularan dari manusia ke manusia dalam beberapa kasus tidak dapat dikecualikan saat ini.

Bagaimana Cara Mencegahnya?
Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi virus Monkeypox:
  • Hindari kontak dengan hewan yang dapat menampung virus (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah di mana monkeypox terjadi).
  • Hindari kontak dengan bahan apa pun, seperti tempat tidur, yang telah bersentuhan dengan hewan yang sakit.
  • Pisahkan pasien yang terinfeksi dari orang lain yang bisa berisiko terinfeksi.
  • Lakukan kebersihan tangan yang baik setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi. Misalnya, mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.
  • Gunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien.
Content Source : Centers for Disease Control and Prevention, National Center for Emerging and Zoonotic Infectious Diseases (NCEZID), Division of High-Consequence Pathogens and Pathology (DHCPP) - Last Reviewed 2015 - Cited 2019
Respect Copyrights: Cite this website as source. Thank You!
Artikel Terkait:

Post a Comment

0 Comments